Implementasi blog sebagai media pembelajaran ekonomi

July 31, 2025


Implementasi Blog sebagai Media Pembelajaran:

Blog dapat menjadi alat yang sangat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran, terutama untuk mata pelajaran seperti ekonomi, dengan isi yang lebih lengkap daripada buku paket sekolah.

Manfaat Blog dalam Pembelajaran:

Blog memungkinkan publikasi bahan pembelajaran dan artikel ilmiah, serta mempermudah pengelolaan materi karena formatnya yang mudah diaplikasikan dan tidak memerlukan keahlian pemrograman atau bantuan ahli.

Metode Penelitian Kualitatif Deskriptif:

Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif, yaitu studi kasus, untuk memahami fenomena sosial dari sudut pandang partisipan melalui pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Tujuan Penelitian Kualitatif:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran fenomena, memperoleh informasi tentang status gejala, dan menggambarkan keadaan tanpa menguji hipotesis.

Penggunaan blog dapat membantu mengatasi hambatan pembelajaran, seperti perbedaan gaya belajar dan minat siswa, serta keterbatasan indra, dengan menyediakan materi dan latihan soal yang dapat diunduh oleh siswa maupun guru.

Guru dapat menyiapkan materi yang lebih lengkap dari sumber internet atau buku, mengunggahnya ke blog, dan menyisipkan hyperlink agar siswa mudah mengaksesnya.

Evaluasi menunjukkan bahwa blog efektif sebagai suplemen pembelajaran, membantu siswa mempersiapkan diri untuk ujian, dan memudahkan guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Penelitian menyimpulkan bahwa implementasi blog sebagai media pembelajaran ekonomi di SMAN 34 Jakarta cukup baik dan memberikan respon positif dari siswa maupun guru.

Comments

Popular posts from this blog